28 ADSB akan Gantikan Radar Sekunder


27 November 2007

Mulai tahun depan, radar-radar sekunder penerbangan di Indonesia akan digantikan oleh ADSB (Automatic Direct Surveilance Broadcast). Demikian diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara, Budhi M Suyitno, Kamis (15/11) di sela-sela penandatanganan komitmen peningkatan manajemen keselamatan penerbangan di Jakarta.

Menurut Budhi, 28 ADSB akan ditanam di tempat-tempat strategis di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah perbatasan. “Separuhnya akan dipasang tahun depan,” ujarnya. ADSB ini, menurutnya, akan membantu radar-radar utama yang masih akan dipertahankan. Kelemahan radar, ungkap Budhi, adalah wilayah cakupannya yang terbatas, data-data yang didapat tidak terlalu lengkap dan biayanya mahal. Sedangkan kelebihan ADSB adalah bisa mensurvei lebih jelas dan dengan biaya lebih murah.

Pemasangan ADSB ini, lanjutnya, adalah dalam rangka mewujudkan sistim navigasi udara masa depan (future air navigation sistem). Biaya yang dianggarkan untuk pengadaan dan pemasangan ADSB tahun depan diperkirakan sekitar Rp100 milyar. Pengadaannya akan dilakukan secara tender terbuka berlingkup internasional. (gat)

http://www.angkasa-online.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: