Monggo Di Liat Dulu Screen Shootnya


Desktop sistem operasi open source Linux KDE baru-baru ini melakukan update versi 4.1 yang merupakan update kedua bagi KDE sejak menggunakan aplikasi pengembangan framework dari Qt3 ke Qt4.

Perlu diketahui, selain digunakan sebagai desktop environment Linux, KDE juga dipergunakan untuk sistem operasi Unix dan turunannya.

Di-update-nya KDE menjadi versi 4.1 tak lepas dari sejumlah kritikan di versi sebelumnya, KDE 4, yang dianggap memiliki keterbatasan fitur dan kompabilitas selain bug tentunya.

Sejumlah pengembang justru memperkirakan KDE 4 dikembangkan dari versi 3.5 yang di-porting begitu saja dengan menggunakan Qt 4 framework.

Karena itulah pengembang KDE kini melalui versi 4.1 menyuguhkan sejumlah fitur tambahan baru seperti personal information manager Kontact, yang dilengkapi dengan e-mail klien KMail, planner KOrganizer, dan sejumlah komponen lainnya.

Berbeda dengan versi sebelumnya, KDE update terakhir ini disinyalir mampu dijalankan di sejumlah platform termasuk sistem operasi Microsoft Windows di samping Linux, Unix dan Mac OS X.

Perubahan yang paling penting dari KDE 4 adalah pengenalan engine for generating desktop dan panel windows yang disebut dengan Plasma.

“New Desktop Shell Plasma yang diperkenalkan di KDE 4.0, kini pada update terbaru disuguhkan lebih matang,” papar pengembang KDE, dalam pernyataannya tentang update versi 4.1 ini kepada ZDnet, Sabtu (2/8/2008).

Untuk fleksibilitas, KDE 4.1 menyediakan fitur Cover Switch yang bisa memberikan tambahan dalam composited window management.

Perbaikan juga dilakukan untuk media player dengan menyediakan the Dragon Player media player dan KDE CD Player.

“KDE 4.1 telah melakukan sejumlah peningkatan, terutama pada infrastruktur,” ujar Sebastian Kugler, selaku salah satu pengembang KDE.(http://techno.okezone.com/)

Cepat ya perkembanganya Desktop KDE. kalo jaman dulu unix ya cuman tampilan console, ini dia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: